Enam Manfaat Cacing Bagi Tanah

Ilustrasi. (Foto: uclan.ac.uk)

Seringkali kita melihat hewan yang satu ini dengan tatapan sinis dan menjijikan. Cara bergeraknya yang melata dan tempat tinggalnya di dalam tanah membuat hewan ini tidak disukai sebagian orang. Namun, siapa sangka dibalik penampilannya yang kurang menarik itu, hewan ini justru banyak berkontribusi dalam kesuburan tanah.

Hewan itu adalah cacing tanah yang kerap membantu menyuburkan tanah kebun kita, sehingga mampu menumbuhkan banyak sayuran segar dan buah-buahan yang besar. Hewan ini juga memiliki kemampuan reproduksi yang sangat cepat, yaitu: 96 cacing baru setiap enam bulan. Lalu, apa saja manfaat cacing bagi kebun kita? Ini dia paparannya.

  1. Cacing menghasilkan kompos berlendir yang kaya akan nutrisi bagi tanah. Kompos ini berasal dari bahan-bahan organik dan tanah yang dimakan oleh cacing, seperti: daun kering, potongan rumput, kompos akar, dan kotoran hewan. Setiap harinya, cacing bisa mengkonsumsi bahan-bahan organik dan tanah hingga seberat tubuhnya.
  2. Cacing membantu meningkatkan mineral-mineral kunci untuk tanaman bisa tumbuh dengan baik. Kompos lendir cacing sendiri kaya akan nitrogen, fosfor, dan potasium. Selain itu, kompos jenis ini juga membantu tanah untuk mengikat zat kalsium, zat besi, dan zal sulfur. Ketika mati, tubuh cacing yang sudah terurai pun menjadi bahan organik yang kaya akan nitrogen.
  3. Cacing tanah membantu terbentuknya humus pada tanah. Humus sendiri merupakan tanah berwarna coklat gelap hingga hitam. Humus membantu menyimpan nutrisi penting bagi tanaman untuk tumbuh dengan baik.
  4. Cacing membantu membangun struktur tanah yang baik bagi tanaman. Hewan ini membuat lubang di dalam tanah hingga mencapai akar tanaman. Bagi tanaman, lubang-lubang ini membantu akar untuk mendapatkan udara dan air yang diperlukan tanaman untuk tumbuh dengan baik.
  5. Bila tanah keras karena terdapat lapisan tanah liat, cacing tanah membantu untuk menguraikannya. Lapisan keras tanah liat sendiri tebalnya bisa mencapai beberapa meter dari permukaan tanah. Akar tanaman sendiri tidak mampu untuk menembus tanah jenis ini. Cacing tanah sendiri membantu membangun lubang di lapisan ini hingga mencapai kedalaman dua meter. Upaya ini membantu akar tanaman untuk menembus permukaan tanah dan menopang tumbuhnya tanaman di atasnya.
  6. Cacing tanah membantu menghilangkan puing-puing di permukaan tanah. Hewan ini juga membantu mengenyahkan spora jamur di kebun kita. Dengan kata lain, cacing tanah membantu menghilangkan bahan organik yang mengganggu kesuburan tanah.
Iklan

One thought on “Enam Manfaat Cacing Bagi Tanah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s