Menanam Tomat Secara Terbalik

Tomat termasuk tanaman buah yang mudah dikembangkan di rumah. Selain itu, tanaman ini cocok untuk pekebun kota yang memiliki lahan terbatas. Salah satu caranya dengan menanamnya secara terbalik di pot gantung. Berikut caranya yang disadur dari Wikihow.com:

  1. Tanam dan pelihara tomat terlebih dahulu di sebuah pot berdiameter 15 sentimeter. Tunggu hingga tingginya mencapai 20 sentimeter. Ambil secara perlahan dan hati-hati sampai ke akarnya.
  2. Sementara itu, siapkan botol air mineral atau soda ukuran besar dan potong bagian belakangnya. Lepas pula tutup botolnya. Kemudian, sediakan tali sepanjang 20-30 meter dan ikat dengan kuat di kedua sisi bagian belakang botol yang sudah dipotong. Untuk keseimbangan yang lebih baik, sebaiknya ikat tali pengikat di ketiga sisi bagian belakang botol.
  3. Sediakan kait di bagian rumah yang akan digantungi pot gantung. Disarankan untuk menaruh pot di bagian yang terpapar matahari pagi.
  4. Ambil tanaman tomat, kemudian masukan melalui mulut botol secara hati-hati. Kemudian, dari sisi belakang, masukan tanah subur dan kompos ke dalam botol. Agar tanah tidak keluar dari mulut botol, disarankan untuk menempatkan penyumbat di sela-sela batang tanaman tomat di mulut botol.
  5. Sirami pot secara rutin dua kali sehari. Siram melalui bagian atas secara perlahan menggunakan penyiram. Berikan air secukupnya secara hati-hati agar tanah dan air tidak keluar melalui mulut botol di bagian bawah. Bila air terlalu banyak dan keluar dari mulut botol, hal ini berpotensi menggerus tanah yang ada di dalam pot.
  6. Rawat tanaman hingga tumbuh besar dan berbuah. Tomat bisa dipanen bila buahnya berwarna merah.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s