Tiga Manfaat Ampas Kopi Bagi Tanaman

Ilustrasi. (Foto: newenglandcoffee.com)

Ternyata, kopi tidak hanya disukai oleh manusia semata. Tanaman dan hewan pun suka kopi. Lebih dari itu. Bagi tanaman, ampas kopi mampu meningkatkan daya dukung untuk tumbuh dan berkembang. Sebuah penelitian menyatakan bahwa tingkat keasaman pada biji kopi sangat baik untuk beberapa tanaman yang membutuhkan asam, seperti tomat dan alpukat serta beberapa jenis tanaman buah lainnya.

Biji kopi sendiri mengandung banyak zat kalsium, gula, tembaga, magnesium, karbohidrat, dan beberapa vitamin lainnya. Selain itu, biji kopi juga mengandung nitrogen, kalium, dan fosfor. Ketiga zat tersebut cukup esensial untuk menyuburkan tanaman.

Bagi tanaman, nitrogen sendiri berfungsi untuk merubah matahari menjadi energi. Adapun fosfor membantu energi untuk masuk ke tanaman melalui akar dan sel. Sedangkan kalium membantu menjaga kelembaban tanaman melalui fotosintesis.

Selain tanaman, cacing pun menyukai kopi. Ampas kopi yang ditaburkan di tanah akan dimakan oleh cacing. Kemudian, cacing-cacing ini akan memproduksi nutrisi yang baik untuk tanaman.

Meskipun demikian, tidak semua tanaman menyukai kopi. Ada beberapa tanaman di kebun yang sangat tidak menyukai kopi. Tanaman tersebut, antara lain: lidah buaya, lobak, lavender, lada, dan kangkung.

Secara spesifik, berikut ini manfaat ampas kopi bagi tanaman:

  • Pupuk
    Ampas kopi bisa dijadikan pupuk bagi tanaman. Caranya pun mudah. Tinggal taburkan ampas kopi di tanah di sekitar tanaman. Hal ini akan membantu tanaman tumbuh lebih cepat dan lebih baik.
  • Mengendalikan Hama
    Manfaat ampas kopi lainnya adalah mengendalikan hama tanaman. Caranya, campurkan ampas kopi dengan air panas. Biarkan campuran ampas kopi tersebut dingin. Kemudian, siram cairan ampas kopi ke tanaman untuk menghilangkan hama. Lakukan hal ini secara rutin, sepekan sekali atau sebulan sekali.
  • Menangkis Semut, Siput, dan Serangga
    Selain hama, satwa lainnya yang kerap mengganggu tanaman adalah semut, siput, dan serangga. Dalam hal ini, ampas kopi bisa digunakan untuk menangkis satwa-satwa tersebut. Caranya, taburkan ampas kopi secara acak di jalur yang kerap dilalui oleh semut dan siput. Aroma kuat kopi akan membuat mereka menjauh dan kapok untuk merusak tanaman dan bunga di kebun.

Disarikan dari Urbanorganicgardener.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s